Monday, 7 May 2018

Ini Dia Tahap Perkembangan Pada Bayi Berusia 3 Bulan Yang Harus Bunda Ketahui

bayi

Merawat bayi yang sudah memasuki usia 3 bulan memang akan menjadi warna tersendiri dan pengalaman baru bagi para orang tua, terlebih bagi sang bunda. Setelah melalui tahap penyesuaian diri dengan lingkungan di bulan pertama, maka perkembangan bayi di bulan ketiga juga tidak kalah menariknya. Secara fisik, tentunya si mungil yang sudah berusia 3 bulan ini jauh lebih besar serta akan lebih menggemaskan lagi. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang perkembangan bayi 3 bulan, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.
Pertumbuhan Fisik Bayi :
1. Bagian otot leher dan kepalanya akan jauh lebih kuat, sehingga si mungil dapat menggerak-gerakkan kepalanya secara lincah. Namun saat ia hendak berdiri tegak, maka bunda wajib membantunya dengan tangan agar kepalanya tetap tegak.
2. Bagian otot kakinya mengalami peningkatan, sehingga si mungil dapat menendang apa saja dengan kuat. Tak hanya itu saja, ia juga akan mamanfaatkan kekuatan otot tersebut untuk meluruskan kakinya saat sedang tengkurap.
3. Si mungil sudah dapat menjangkau sesuatu benda, serta memegangnya dengan kuat. Ia juga sudah bisa menarik apa saja dengan kekuatan tangannya.
4. Si mungil akan memasukkan benda apa saja kemulutnya. Maka dari itu, bunda harus lebih waspada lagi dalam hal ini.
Perkembangan Motorik Bayi :
1. Si mungil sudah dapat mengendalikan kinerja otot-ototnya, sehingga ia mampu menggerakkan tangan dan kakinya dengan baik.
2. Ia juga sudah bisa berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya, meski bahasa yang diucapkannya itu tidak jelas seperti Aaaa, Eeee, Uuuu, Oooo, dan sebagainya.
3. Ia akan tersenyum kepada orang yang dikenalinya, dan ia juga akan menangis ketakutan pada orang yang tidak dikenalinya.
Perkembangan Sensorik Bayi :
1. Si mungil sudah bisa mendengar suara dengan baik, sehingga mata dan mulutnya akan menunjukan reaksi saat ada orang lain memanggilnya.
2. Ia juga sudah bisa merasakan sensasi kesenangan, sehingga ia akan menari dan tersenyum saat mendengar musik.
3. Penglihatan si mungil sudah berkembang dengan baik, dan ia juga lebih senang terhadap warna-warna yang cerah seperti merah, kuning, hijau, biru, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai perkembangan pada bayi yang berusia 3 bulan. Dengan keterbatasan waktu yang ada, maka kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja.

0 comments:

Post a Comment