Thursday, 28 September 2017

Inilah Asal Mula Kue Brownies

brownies, kue brownies, brownies cake

Brownies, siapa tidak tahu dengan kue yang satu ini, dengan rasanya yang manis, legit, penuh cokelat, dan warnanya yang juga kecoklatan, hampir semua orang menyukai brownies. Kue ini rupanya hampir dikenal diseluruh dunia, dan punya penggemar fanatik. Tapi apakah anda tahu darimana asal mulanya kue ini ?

Awal mula darimana datangnya kue cokelat ini sebenarnya tidak ada sumber yang benar-benar pasti, namun disebutkan orang yang pertama kali membuatnya adalah seorang chef dari hotel Palmer House Hotel.

Pada tahun 1893, istri pemilik dari Palmer House Hotel, Bertha Palmer meminta pastry chef hotel tersebut untuk membuatkannya sebuah kue.

Kue itu dikatakan nantinya hendak digunakan untuk oleh-oleh camilan bagi ibu-ibu kaum sosialita di Chicago, saat acara World’s Columbian Exposition berlangsung.

Tapi Bertha Palmer memiliki syarat tersendiri untuk kuenya, yaitu kue tersebut harus berbentuk kecil, tidak sebesar pie atau cake, mudah dimakan, dan juga mudah di masukkan dalam bekal makanan.

Setelah mendapat permintaan seperti itu sang chef pun mulai berkreasi dengan membuat resep baru, hasilnya, ia membuat brownies pertama dengan memakai kacang walnut dan selai buah aprikot sebagai topping dan tambahannya.

Tidak disangka ternyata kue brownies itu disukai oleh kalangan bangsawan. Mereka mulai menghadirkan kue brownies di berbagai acara, dan kue brownies pun semakin naikdaun karena cita rasanya yang memang enak.

Walaupun sudah dibuat sejak lama, resep brownies baru tercatat pada buku resep resmi yang di terbitkan pada tahun 1896 dengan judul Boston Cooking – School Cook Book oleh Fannie Farmer.


Hingga sekarang, berbagai resep brownies terus bermunculan, dan di Indonesia sendiri brownies juga menjadi kue favorit dengan barbagai macam varian topping.

0 comments:

Post a Comment