Thursday, 22 September 2016

Tempat Wisata yang Perlu Kamu Kunjungi di Simpang Lima Semarang

Semarang merupakan salah satu kota yang menyediakan beberapa tempat wisata menarik, mulai dari kuliner hingga yang berbau mistis, sebagai kota terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan, kota ini merupakan yang paling cepat berkembang di Jawa Tengah. Mungkin ini karena Semarang adalah pusat atau Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Seberapa sering kamu mengunjungi Semarang? Atau, tempatmu tinggal sekarang, berada di Semarang?

Walau tidak seperti Yogyakarta atau bahkan Bali yang menjadi kiblat pariwisata, Semarang mampu menawarkan wisata yang selalu menjadi tujuan utama para wisatawan, lho.

Tahu dong apa itu Lawang Sewu? Dan tahu dong, Lawang Sewu itu berada di mana?

Yep, salah satu objek wisata yang terkenal di Semarang itu adalah Lawang Sewu, yang konon merupakaan sebuah bangunan di kota Semarang yang dulunya, berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Gedung tersebut dibangun pada tahun 1904 dan kini jadi salah satu tujuan para wisatawan untuk dikunjungi.

Lawang Sewu, Wisata Mistis, Wisata Semarang
source : www.tutorialoka.com

Usianya sudah 112 tahun loh. Sudah tua ya? Walaupun bangunan ini sudah berusia tua, tetapi selalu bisa menarik perhatian orang-orang yang berniat berkunjung ke Semarang. Lawang Sewu tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal atau dalam negeri, Lawang Sewu pun sudah terkenal di mata wisatawan luar negeri.

Seperti halnya tempat wisata yang lainnya, Lawang Sewu pun memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik pengunjung. Salah satu yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistis yang melengkapi penampilan arsitektur wah khas zaman dahulu. Banyak cerita mistis yang sudah akrab di telinga masyarakat, khususnya bagi warga Kota Lumpia ini. Diantara cerita-cerita horror tersebut, banyak yang bilang sering terdengar suara-suara tak lazim dari berbagai sudut bangunan terutama dari ruang penyiksaan yang berada di bawah tanah. Namun, sepertinya inilah yang selalu menarik orang-orang dari berbagai daerah untuk melihat lebih dekat. Penasaran, itu salah satu alasan pengujung.

Monumen Tugu Muda, Wisata Semarang
Source : nationalgeographic.co.id

Gedung yang terletak di bundaran Tugu Muda ini memiliki banyak sekali jendela yang tinggi dan besar-besar, yang kerap kali disebut lawang atau pintu dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, banyak masyarakat menyebutnya Lawang Sewu yang artinya Pintu Seribu, ya meskipun jumlah keseluruhan pintu yang ada di gedung tersebut tidak mencapai seribu buah, sih.

Geser sedikit dari Lawang Sewu, ada tempat rekreasi Monumen Tugu Muda. Monumen yang berbentuk seperti lilin ini memiliki beberapa air mancur di kolam yang mengelilinginya. Taman di sekitarnya begitu hijau dan rapi tepat di tengah-tengah lalu lalang kendaraan di Jalan Pemuda tersebut. Monument yang dikelilingi lampu-lampu besar ini adalah tempat favorit masyarakat untuk sekadar duduk-duduk menghilangkan kepenatan.

Tambah menarik jika ke sini pada malam hari, karena lampu-lampu besar yang mengelilingi monumen tersebut menambah kesan romantik berpadu lampu-lampu kendaraan. Penampilan monument Tugu Muda ini instragamble banget, loh. Apalagi nantinya akan ada air menari yang bisa meliuk-liuk dan memancarkan cahaya warna-warni hasil sorotan lampu LED dari dasar kolam. Tapi air menari ini baru dapat dinikmati jika ada event-event tertentu di Kota Semarang atau di daerah sekitarnya.

Sudah bosan menelusuri Lawang Sewu atau sudah puas menikmati suasana romantis di taman Monumen Tugu Muda? Well, kamu bisa mulai melangkahkan kaki ke Mal terbesar di Semarang yang berada tidak jauh dari sana, Paragon Mall.

Paragon Mall, Wisata Semarang
Source : jalan2.com

Jadi, setelah mengunjungi berbagai tempat wisata di sekitar Simpang Lima, kita bisa mencuci mata dulu di mall terbesar dan terlengkap yang ada di kawasan Simpang Lima City Centre ini. Pusat perbelanjaan  yang bertema lifestyle dan entertainment mall ini menyatu dengan hotel bintang 5 berkelas internasional, Crowne Plaza Semarang. Crowne Plaza Semarang merupakan hotel yang berada di pusat kota, tuh. Sehingga posisinya yang sangat strategis tersebut dapat memudahkan tamu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak jauh dari sana.

Hotel ini pun memiliki waktu tempuh hanya sekitar 20 menit dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. Wah, dekat banget dong ya. Bahkan nih, hotel ini pun sangat terjangkau jika kamu melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api, karena jaraknya hanya dua kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua puluh menit ke Stasiun Kereta Api Tawang. So, kamu jangan takut kesasar karena semua warga Semarang tahu di mana letak hotel ini.

Oiya, jika kamu menginap di Crowne Plaza Semarang dan ingin mencicipi kuliner khas Semarang-an, kamu bisa berkunjung ke Gris Restaurant yang ada di hotel ini. Ada puluhan macam masakan khas Semarang ; mulai dari jajanan pasar seperti Lumpia, Tahu Gimbal, Wingko hingga aneka sop dan soto.

Jadi, siapkan tenaga dan kosongkan perut jika sedang berkunjung ke Semarang ya!

0 comments:

Post a Comment